5 Macam-Macam Cabang Olahraga Senam

Banyak sekali jenis olahraga yang dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat dan juga bugar. Biasanya jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran adalah olahraga senam. Senam ini selain membutuhkan keserasian dalam gerakan juga membutuhkan kecepatan dan kekuatan setiap gerakan fisiknya. Biasanya senam ini tidak dilakukan secara individu, tetapi dilakukan secara bersama-sama atau beregu. Seiring berkembangnya zaman yang menjadi semakin modern, senam juga mengalami sebuah perkembangan yang cukup pesat yaitu semakin banyaknya cabang olahraga senam saat ini. Mulai dari senam aerobik, senam artistik, senam irama, senam trampolin, senam akrobatik, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang cabang olahraga senam, maka berikut ini akan dijelaskan secara rinci 5 macam-macam cabang olahraga senam secara umum.


1. Senam Aerobik


Senam aerobik adalah salah satu cabang olahraga senam yang pertama. Olahraga ini adalah salah satu olahraga senam yang memadukan gerakan yang aktif, kreatif, energik dan salah satu cabang olahraga yang menggunakan musik dengan irama cepat. Selain itu, olahraga aerobic ini memiliki gerakan dasar yaitu kaki melompat-berjalan dan bergerak aktif kesana kemari sesuai irama yang dimainkan yang memang disesuaikan dengan fungsi dari senam aerobik ini. Untuk melakukan senam aerobik ini maka tentu saja ada beberapa manfaaat yang akan Anda dapatkan. Beberapa diantaranya adalah senam aerobik dapat melatih kerja otot-otot yang ada dalam tubuh Anda agar menjadi lebih kuat. Selain itu, senam aerobik juga dapat melatih jantung, paru-paru dan peredaran darah Anda akan dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Aerobik juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh Anda dengan adanya program kelenturan dan beberapa gerakan senam yang dilakukan.

Agar manfaat-manfaat aerobik tersebut dapat Anda maksimalkan dengan baik, maka ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips yang akan disebutkan berikut ini.



  • Gunakanlah sepatu yang nyaman dan juga sepatu yang memang didesain khusus untuk olahraga aerobik.

  • Ikutilah gerakan yang diinstruksikan oleh instruktur senam dengan baik dan benar.

  • Jika Anda masih belum mampu untuk mengikuti dan melakukan berbagai macam gerakan yang telah diberikan, maka sebaiknya lakukan gerakan tangan dan kaki saja secara sederhana.

  • Jangan melakukan gerakan-gerakan yang tidak sesuai dan yang tidak dicontohkan oleh instruktur, jika Anda melakukan gerakan seperti ini maka hanya akan membuang sia-sia waktu dan energy Anda saja.

  •  Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah, sebaiknya lakukan senam aerobik dengan instruktur yang sama. Karena apa? Jika Anda mengikuti instruktur yang berbeda-beda makan gerakan yang diajarkan juga berbeda pula, hal ini malah membuat Anda semakin kebingungan dan manfaat yang dihasilkan dalam senam aerobik menjadi tidak efektif dan efisien serta tidak maksimal.


2. Senam Artistik


Senam artistik adalah salah satu cabang senam yang sangat popular di ajang olahraga bergengsi sekelas Olimpiade. Tujuan awal senam artistik sebenarnya hanya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran bagi yang melakukannya saja. Awalnya senam ini hadir bukan untuk dipertandingkan seperti nomor senam yang lainnya. Gerakan dari senam artistik ini sebenarnya gerakan senam yang memadukan antara senam aerobik dan juga gerakan tumbling sehingga akan dihasilkan gerakan-gerakan yang sangat indah atau artistik dari gerakan yang menggunakan alat-alat.


Peralatan yang digunakan pada senam artistik ini ada beberapa macam. Alat tersebut antara lain adalah lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat dan juga balok keseimbangan. Ukuran dari alat-alat tersebut semuanya juga sudah dipertimbangkan dan ditetapkan secara internasional. Senam artistik sendiri dapat dilakukan sendiri ataupun dilakukan satu tim yangt elah memiliki aturan dan penilainnya sendiri.



3. Senam Irama


Selain senam aerobik dan senam artistik, masih ada beberapa nomor senam lainnya, salah satunya adalah senam irama. Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menggunakan gerakan bebas yang diiringi oleh alunan musik atau alunan irama. Olahraga senam ini dapat dilakukan dengann menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang digunakan pada senam irama ini biasanya berupa  holahop, tongkat, tali, bola, dan gada.


Jika Anda melakukan senam ini, maka akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dan dirasakan. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:



  • Menurunkan berat badan – ketika melakukan gerakan-gerakan pada senam tersebut tentunya keringat akan keluar sehingga lemak dalam tubuh akan dibakar dan lemak tersebut akan dijadikan sebagai tenaga oleh tubuh Anda. Maka dari itu, olahraga senam ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan.

  • Mengencangkan tubuh – selain menurunkan berat badan senam irama juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah dengan bagian tubuh seperti lengan, paha dan betis yang nampak bergelambir dan kendor. Jika Anda melakukan senam irama ini secara rutin maka dapat dipastikan bagian paha, betis dan lengan yang menggelambir akan hilang dan kulit menjadi kencang. Kenapa hal ini bisa teerjadi ? Karena lemak yang ada dalam tubuh akan diubah menjadi tenaga sehingga bagian yang bergelambir pun akan hilang.









4. Senam Trampolin


Senam trampolin merupakan sebuah cabang olahraga senama dengan gerakannya yang dilakukan di atas trampolin. Trampolin disini adalah sejenis pemantul yang memiliki daya pantul yang besar. Dalam hal ini senam ini akan memerlihatkan kemahiran dari seoran atlet ketika melompat dengan lompatan yang tinggi . Lompatan ini dapat mencapai 10 meter. Salah satu cabang olahraga senam ini merupakan olahraga yang baru dipertandingkan pada ajang olahraga bergengsi seperti misalnya saja Olimpiade. Olahraga ini mulai dipertandingkan di Olimpiade pada tahun 2000. Jadi, senam ini masih menjadi hal baru pada pertandingan kejuaraan. Manfaat dari senam trampolin in adalah sebagai berikut:



  • Olahraga yang sangat efektif untuk membakar lemak. Hal ini telah diteliti dan dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti akhli dari NASA.

  • Jika Anda melakukan senam trampolin ini selama sepuluh menit saja, maka hal itu lebih efektif dan efisien dibandingkan jika Anda melakukan olahraga lari selama tiga puluh menit.

  • Melakukan gerakan melambung pada saat senam trampolin maka sama dengan Anda sudah memberikan low impact pada persendian sehingga hal itu akan membuat Anda terhindar dari resiko cedera pada sendi. Kemudian akan membuat otot, tulang dan juga sendi menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  • Senam trampolin jika dilakukan secara kontinyu dapat memperbaiki sistem peredaran darah sehingga akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan dan stamina dalam tubuh Anda, hal ini juga dapat menngeluarkan racun pada tubuh atau detoksifikai dan juga menurunkan inflamasi.



5. Senam Akrobatik


Salah satu cabang nomor senam yang lainnya adalah senam akrobatik. Gerakan yang terdapat pada senam akrobatik ini sedikit ekstrim bagi pemula. Gerakan yang sedikit ekstrim seperti melakukan putaran, salto, dan gerakan lainnya yang memang membutuhkan kelenturan serta keseimbangan dari pesenam yang baik. Dalam melakukan senam ini, Anda harus melakukan latihan khusus yang harus dipandu dengan instruktur yang handal dan juga sudah professional dibidang senam akrobatik. Salah satu cabang olahraga seman ini akan memberikan manfaat yang begitu besar antara lain adalah:



  • Tentu saja jika Anda melakukan senam, terutama senam akrobatik akan membuat tubuh menjadi lebih lentur dari sebelumnya.

  • Sistem motorik Anda akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  • Senam akrobatik juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh yang Anda miliki.

  • Senam akrobatik dapat melatih mental, senam ini membutuhkan nyali yang baik. Karena gerakannya cukup ekstrim.




Copyright © 2021

Sekolah Sulawesi Utara